Monday, October 29, 2018

GEREJA SAYIDAN

GEREJA SAYIDAN

Daerah Gondomanan memang terkenal akan bangunan-bangunan yang klasik dan penuh dengan nuansa jogja. Misalnya saja Pasar Beringharjo dan Benteng Vredenburg Jogjakarta yang menjadi salah satu kawasan yang berada di Gondomanan yang sangat kental nuansa tua namun penuh dengan keindahan pada setiap sisinya.

Nah di Gondomanan juga kini ada sebuah bangunan yang cukup menyita perhatian dan mulai terkenal dikalangan traveler khususnya para selebgram yakni Gereja Gothic. Bangunan yang menyerupai sebuah gereja kuno dan tua seperti di eropa berdiri diantara bangunan lainya. Gereja Gothic terlihat begitu mencolok dengan adanya menara-menara tinggi.

Gereja Gothic muncul dari sebutan masyarakat karena bentuknya menyerupai gereja. Padahal, bangunan ini adalah sebuah hunian yang telah lama ditinggalkan. Dibangun pada tahun 1979 dengan bentuk rumah konvensional, kemudian dipugar dengan rupa seperti saat ini sekitar tahun 1986. Penggunaan menara-menara dan patung menambah kuat arsitektural Eropa bangunan ini.

Karena bentuk arsitektural yang unik, bangunan ini menjadi cagar budaya pada tahun 2000. Model bangunannya yang menarik ini juga memikat banyak orang. Salah satunya Ari Lasso yang menggunakan tempat ini untuk lokasi shooting video klipnya. Saat ini pun banyak remaja yang menggunakan tempat ini sebagai latar belakang foto mereka.



0 comments:

Post a Comment